Doa Mengatasi Utang

Doa

Hutang-piutang ini hukumnya adalah boleh sesuai dengan sunnah Nabi saw. Sabda Rasulullah saw adalah: “Tidaklah seorang muslim yang memberikan pinjaman atas hartanya kepada seorang muslim sebanyak dua kali kecuali seperti bershodaqoh satu kali.” (HR. Ibnu Majah dan Ibnu Hibban)

Menyangkut hutang piutang sebaiknya disertai dgn surat perjanjian secara tertulis, baik menyangkut jumlah dan jatuh tempo pembayarannya.

Dan sangat diharamkan/dilarang untuk membungakan uang dari persyaratan utang piutang ini (riba).

Persoalan hutang piutang akan menjadi sangat pelik manakala si penghutang sudah terlilit dan kadang tidak mampu untuk melunasinya. Dan apabla tidak bisa melunasinya maka akan mempengaruhi pikiran dan bahkan jiwa.

Namun tetap diupayakan agar hutang tersebut terlunasi. Upaya tersebut bisa melalui lahiriah (bekerja/berusaha) namun juga upaya batiniah melalui doa, agar hutang-hutang bisa terlunasi.

Salah satu doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW kepada umatnya, dapat kita baca dalam sebuah hadits sebagai berikut :

Abu Said Al-Khudhri radhiyallahu ’anhu bertutur: “Pada suatu hari Rasulullah shollallahu ’alaih wa sallam masuk masjid. Tiba-tiba ada seorang sahabat bernama Abu Umamah radhiyallahu ’anhu sedang duduk di sana. Beliau bertanya: ”Wahai Abu Umamah, kenapa aku melihat kau sedang duduk di luar waktu sholat?” Ia menjawab: ”Aku bingung memikirkan hutangku, wahai Rasulullah.” Beliau bertanya: ”Maukah aku ajarkan kepadamu sebuah do’a yang apabila kau baca maka Allah ta’aala akan menghilangkan kebingunganmu dan melunasi hutangmu?” Ia menjawab: ”Tentu, wahai Rasulullah.” Beliau bersabda,”Jika kau berada di waktu pagi maupun sore hari, bacalah do’a:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ

“Allahumma innii a-‘udzubika minal hammi wal hazani, wa a-‘udzubika minal’ajzi wal kasali, wa a-‘udzubika minal jubni wal bukhli, wa a-‘udzubika minal ghalabatiddiini wa qahri-rrijaal.”

”Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari lilitan hutang dan kesewenang-wenangan manusia.” Kata Abu Umamah radhiyallahu ’anhu: ”Setelah membaca do’a tersebut, Allah berkenan menghilangkan kebingunganku dan membayarkan lunas hutangku.” (HR Abu Dawud 4/353)

Doa

Doa ampuh yang diajarkan Nabi shollallahu ’alaih wa sallam kepada Abu Umamah radhiyallahu ’anhu merupakan doa untuk mengatasi problem hutang berkepanjangan. Di dalam doa tersebut terdapat beberapa permohonan agar Allah ta’aala melindungi seseorang dari beberapa masalah dalam hidupnya. Dan segenap masalah tersebut ternyata sangat berkorelasi dengan keadaan seseorang yang sedang dililit hutang.
Semoga bermanfaat.

About these ads

One thought on “Doa Mengatasi Utang

  1. doa yang bagus ketika terlilit hutang, sebagai hamba Allah swt, kita melakukan ikhtiar / usaha diserta dengan doa… hasilnya dipasrahkan kepada Allah swt.

    Semoga doa ini dapat membantu banyak orang yang sedang dililit kesulitan.
    jika diperbolehkan saya ingin sharing tips dan triks cara mengatasi hutang yang sangat melilit, mudah-mudahan bermanfaat, bisa di baca di http://finplanner-jauhari.blogspot.com/2011/12/ampuunn-saya-terlilit-hutang-gila.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s