Ikan Bakar Ala Hotel Berbintang

Bocoran Resep Ikan Bakar Ala Chef Hotel Berbintang

ikan bakar

Membakar ikan tidak serumit membakar daging atau ayam. Namun sebelum membakar ikan, hal yang perlu diperhatikan adalah kesegaran itu sendiri. Cecep Heri Sumarsono,sous chef di Hotel Sari Pan Pacific Jakarta menyarankan memilih ikan segar sebaiknya di supermarket. Menurutnya kebersihan ikan di supermarket sangat terjaga karena tingkat higenisnya sudah memenuhi standar internasional. “Kalau dipasar lebih cenderung pakai pengawet. Biasanya penjualnya itu mencampur dengan formalin. Itu mungkin dari ketidaktahuan mereka. Kita harus jeli memilih,” kata Chef Cecep.

Chef Cecep sedikit memberikan rekomendasinya. Untuk ikan air laut yang enak dibakar adalah ikan kue, ikan kerapu dan ikan kakap merah. Sedangkan untuk ikan air tawar Chef paruh baya ini merekomendasikan ikan gurame dan ikan patin. “Sebenarnya tidak ada beda antara ikan laut dan tawar. Sama-sama enak dibakar. Cuma, aroma amis ikan laut lebih kuat,” katanya.

Berikut ini ada empat tips yang bisa dipakai pada saat memilih ikan:

1. Pastikan aroma ikan masih berbau segar dan tidak berbau busuk. kedua

2. Periksa insangnya, ikan yang segar insangnya berwarna merah terang.

3. Lihat matanya, ikan yang segar matanya masih cembung berlendir tidak cekung

4. tekan badannya, kalau kenyal berarti ikan masih segar tetapi kalau ditekan hancur berarti ikannya sudah lama.

“Untuk ikan air tawar saya sarankan menggunakan ikan gurame. Selain harganya terjangkau tekstur ikannya lebih kenyal. Jadi enak dibakar,” Cheff Cecep merekomendasikan.

Setelah memilih, ikan harus dibersihkan. Pastikan semua isi perut ikan dikeluarkan sebelum dibakar. Setelah dibersihkan lumuri ikan dengan garam dan jeruk nipis. Hal ini supaya ikan tidak berbau amis. Menurut Chef Cecep garam dan jerus nipis merupakan resep ampuh untuk menghilangkan amis pada ikan. “Bisa juga diganti cuka. Tapi jangan banyak-banyak, nanti malah matang ikannya,” katanya.

Sambil mendiamkan ikan, kita bisa menyiapkan bumbu. Bumbu-bumbu yang harus dihaluskan adalah 3 siung bawang putih, 50 gr ketumbar, 50 gr cabe merah giling, 25 gr kunyit giling, 75 ml santan kental, 50 gr jeruk purut, Garam dan merica secukupnya.

Setelah dihaluskan lumuri ikan dengan bumbu tersebut. Lalu diamkan biar bumbu meresap. Perlu dicatatan bumbu-bumbu yang dihaluskan ini untuk satu kilogram ikan atau untuk empat ekor ikan. “Sebaiknya jumlah ikan yang dibakar dan bumbu disesuaikan,” ujar Chef Cecep.

Untuk membakar ikan ada beberapa tips yang disampaikan Chef Cecep.

1. Hindari menggunakan mentega sebagai bahan olesan. Mentega bisa mempengaruhi rasa.

2. Disarankan menggunakan bawang goreng yang dicincang halus lalu dicampur dengan minyak goreng panas. Menurutnya campuran ini tidak akan mempengaruhi rasa. “Justu pas dibakar akan lebih harum,” katanya.

3. Supaya tidak gosong, ikan sebaiknya dilapisi dengan daun pisang. “Daun pisang memberikan aroma pada ikan yang dibakar dan juga bisa menahan panas,” katanya. Sebagai alternatif kalau tidak ada daun pisang adalah tidak membersihkan sisik ikan. Sisik ikan menurut Chef bisa menahan panas dan menghindari ikan dari kegosongan. “Kalau mau dimakan sisiknya baru dibuang,” katanya.

Selamat mencoba.

(Sumber :  Danang Wibowo,TEMPO Interaktif, Jakarta -EDITED)

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s