Rahasia Enam Masa

“Allah lah yang menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada di antara Jagad Rayakeduanya dalam enam masa, kemudian Dia bersemayam di atas ‘Arsy. Tidak ada bagi kamu selain dari padaNya seorang penolongpun dan tidak (pula) seorang pemberi syafa’at. Maka apakah kamu tidak memperhatikan? “(Al Quran Surah As-Sajdah : 4)
“Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, lalu Dia bersemayam di atas ‘Arsy. Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat, dan (diciptakan-Nya pula) matahari, bulan dan bintang-bintang (masing-masing) tunduk kepada perintah-Nya. Ingatlah, menciptakan dan memerintah hanyalah hak Allah. Maha Suci Allah, Tuhan semesta alam”. (Al Quran Surah Al A’raf : 54)
“Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah Yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, kemudian Dia bersemayam di atas ‘Arsy untuk mengatur segala urusan. Tiada seorangpun yang akan memberi syafa’at kecuali sesudah ada izin-Nya. (Dzat) yang demikian itulah Allah, Tuhan kamu, maka sembahlah Dia. Maka apakah kamu tidak mengambil pelajaran?” (Al Quran Surah Yunus : 3)
“Dan Dia-lah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, dan adalah singgasana-Nya (sebelum itu) di atas air, agar Dia menguji siapakah di antara kamu yang lebih baik amalnya, dan jika kamu berkata (kepada penduduk Mekah): “Sesungguhnya kamu akan dibangkitkan sesudah mati”, niscaya orang-orang yang kafir itu akan berkata: “Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.” (Al Quran Surah Huud : 7)
“Yang menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada antara keduanya dalam enam masa, kemudian dia bersemayam di atas Arsy, (Dialah) Yang Maha Pemurah, maka tanyakanlah (tentang Allah) kepada yang lebih mengetahui (Muhammad) tentang Dia”. (Al Quran Surah Al Furqan : 59)
“Dan sesungguhnya telah Kami ciptakan langit dan bumi dan apa yang ada antara keduanya dalam enam masa, dan Kami sedikitpun tidak ditimpa keletihan”. (Al Quran Surah Qaaf : 38)
“Dialah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa: Kemudian Dia bersemayam di atas ´arsy Dia mengetahui apa yang masuk ke dalam bumi dan apa yang keluar daripadanya dan apa yang turun dari langit dan apa yang naik kepada-Nya. Dan Dia bersama kamu di mana saja kamu berada. Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan”. (Al Quran Surah Al Hadiid : 4)

Nebula dan Cluster Galaksi

Nebula dan Cluster Galaksi


Seluruh ayat di atas mengungkapkan bahwa penciptaan langit dan bumi dalam enam masa. Apakah masa yang dimaksud? Jika kita membaca Al Quran Surah Al Ashr ayat satu Allah berfirman, “Demi Masa”. Masa disitu digambarkan masa sebagai hitungan waktu. Nah, enam masa penciptaan langit dan bumi itu seperti apa? Ini Rahasia Alam yang Harus dipecahkan oleh Ilmuwan Muslim. Sementara ini saya berfikir bahwa hitungan waktu tidak terlepas dari peredaran benda angkasa. “Dan Dialah yang telah menciptakan malam dan siang, matahari dan bulan. Masing-masing dari keduanya itu beredar di dalam garis edarnya.” (Al Quran Surah Al Anbiyaa’ : 33).

Matahari dan bulan beredar sehingga mengakibatkan fenomena malam dan siang sebagai penanda waktu. Jika peredaran benda angkasa, termasuk bumi, kita teliti lagi akan kita dapatkan pembagian waktu sebagai berikut :
1. Bumi Berputar pada porosnya=Rotasi. Ini menandakan hitungan detik, menit, Jam, hingga hitungan Hari. Ada masa/waktu di sana.
2. Bulan mengelilingi bumi. Menandakan hitungan Bulan.
3. Bumi mengelilingi Matahari. Menandakan hitungan Tahun.
4. Matahari juga mengelilingi pusat Galaksi. Luar biasa. Hitungan waktunya belum terdefinisikan oleh manusia.
5. Sekumpulan galaksi dinamakan Cluster galaksi. Dan sekumpulan Cluster galaksi bergerak mengelilingi titik pusat Cluster galaksi. Ini juga belum terdefinisikan oleh manusia.
6. Jika kumpulan Cluster galaksi adalah Jagat Raya ini, berarti semuanya tepat ada enam. Dan ternyata Cluster galaksi pun bergerak mengelilingi pusat alam semesta.

Kita bisa mengatakan bahwa Jagat Raya ini bergerak berputar pada porosnya (Rotasi Jagat Raya yang berisikan Nebula-nebula, Cluster-cluster galaksi). Definisi waktu di sini juga belum terjangkau oleh akal manusia.
Pertanyaannya berapakah hitungan waktu untuk Jagat Raya ini? Yang pasti satu putaran hanya 360 derajat. Analoginya, jika bumi berotasi satu kali maka = satu hari bumi. Kita bisa beranggapan bahwa satu kali Jagat Raya berotasi pada porosnya = satu hari Jagat Raya. Perbandingannya berapa ya? Sebagai panduan ada ayat Al Quran yang mengatakan, “Malaikat-malaikat dan Jibril naik (menghadap) kepada Tuhan dalam sehari yang kadarnya limapuluh ribu tahun”. (Al Quran Surah Al Ma’arij : 4).
Sesuai ayat-ayat yang ada di atas, Tuhan (Allah SWT) memiliki singgasana di luar sistem Jagat Raya ini yang disebut “’Arsy”. Mungkinkah, yang dimaksud “sehari” dalam ayat itu adalah sehari Jagat Raya? Jika demikian, maka mungkinkah satu hari Jagat Raya sama dengan lima puluh ribu tahun di bumi? Wallahu a’lam.

(Sumber : wiki.myquran.com)

One thought on “Rahasia Enam Masa

  1. Allahu Akbar! betapa indahnya ciptaan ALLAH.. semua pemberian NYA tak terhingga, sedang kita manusia cuma meminjam dari sedikit zarah walaupun sekali hembusan nafas juga adalah kepunyaan-NYA.. al-Quran adalah al-kalam yang diturunkan kepada Rasulullah untuk berbagi sesama manusia. Hanya manusia yang mengambil pelajaran dan berakal saja dapat merungkai semua perumpamaan dan teka teki agar terlaksana sistem kehidupan islam itu sendiri.. tapi manfaat berkaitan enam masa dengan perlaksanaan Rasulullah adalah kunci kejayaan kebangkitan Islam pada masa islam di atas dulu. Apakah kunci pelaksanaan Rasulullah disamping enam masa itu?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s