News

Selasa, 12/01/2010 19:20 WIB

11 Operator Siap Rebutan 35 Juta Pelanggan Baru

Achmad Rouzni Noor II – detikinet

Jakarta – Asosiasi Telekomunikasi Seluler Indonesia (ATSI) memperkirakan ada 35 juta calon pelanggan baru yang bisa diperebutkan oleh 11 operator telekomunikasi di Indonesia di sepanjang tahun 2010 ini.

“Pasar telekomunikasi tahun ini kami perkirakan tumbuh sepuluh sampai sebelas persen dibanding tahun lalu,” papar Ketua Umum ATSI, Sarwoto Atmosutarno, di Wisma Mulia, Jakarta, Selasa (12/1/2010).

Hingga akhir 2009 lalu, pelanggan telekomunikasi di Indonesia diperkirakan mencapai 160 juta lebih. Sekitar 50% di antaranya, masih dikuasai oleh Telkomsel yang membukukan 82 juta pelanggan.

Untuk meraih pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama, 11 operator itu diperkirakan ATSI akan menghabiskan investasi sebanyak US$ 2,2 miliar atau sekitar Rp 20 triliun. Mayoritas untuk pembangunan jaringan.

“Nilai investasi tahun ini hampir sama dengan tahun lalu, dengan jumlah investasi terbesar masih dikeluarkan oleh Telkomsel dengan angka Rp 13 triliun,” lanjut Sarwoto.

ATSI pun memprediksi tahun ini, penggunaan basic service telekomunikasi seperti SMS dan panggilan suara akan mulai bertransformasi ke arah konvergensi, di mana layanan seluler akan digabung dengan layanan internet, video, dan produk-produk digital lainnya.

“Transformasi ini akan memperkuat fondasi bisnis ke depan, yaitu bisnis layanan seluler berbasis layanan mobile broadband,” ujar pria yang juga menjabat sebagai Direktur Utama di Telkomsel ini.

Untuk mencapai transformasi diperlukan adanya efisiensi untuk menekan biaya operasional. Efisiensi, menurut Sarwoto, dapat dicapai dengan melakukan konsolidasi di tiga sektor yakni konsolidasi jaringan, konsolidasi platform services, dan konsolidasi entitas.

“Konsolidasi memang dibutuhkan karena jumlah operator di Indonesia sudah kebanyakan. Kue yang diperebutkan pun semakin terbatas. Jika tidak terjadi konsolidasi bisa terjadi inefisiensi karena biaya untuk mengakuisisi pelanggan makin tinggi,” pungkasnya.

Operator telekomunikasi di Indonesia saat ini adalah Telkom, Telkomsel, Indosat, XL Axiata, Natrindo Telepon Seluler, Hutchison CP Telecom Indonesia, Bakrie Telecom, Mobile-8 Telecom, Smart Telecom, Sampoerna Telekomunikasi Indonesia, dan Batam Bintan Telekomunikasi.

( rou / rou )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s