Alien sudah Ada di Bumi?

Alien ?

LONDON–MI: Selama beberapa dekade, para ilmuwan telah mengamati langit untuk mencari kehidupan di luar bumi. Mungkin mereka seharusnya menatap lebih dekat di rumah.

“Varian bentuk kehidupan seperti mikroba masih bisa berkeliaran tepat di bawah hidung atau di dalam hidung kita,” ujar Paul Davies, fisikawan pemenang penghargaan dari Arizona State University kepada sekelompok ilmuwan, Selasa (26/1). “Bagaimana kita tahu semua kehidupan di bumi berasal dari satu asal?” tanyanya saat di Royal Society, akademi ilmu pengetahuan terhormat di Inggris. “Kita baru menggali permukaan dunia mikroba.”

Gagasan bahwa mikroorganisme asing dapat bersembunyi di Bumi dibicarakan selama beberapa saat, menurut Jill Tarter, Direktur Search for Extraterrestrial Intelligence, proyek AS yang mencari sinyal dari peradaban di bintang-bintang yang jauh. Dia mengatakan beberapa ilmuwan yang terlibat dalam proyek tersebut tertarik mengejar gagasan Davies yang ditulis di artikel dalam Scientific American tahun 2007 berjudul “Are Aliens Among Us?”.

Alien ?!

Sejauh ini, belum ada jawaban. Dan menemukan makhluk asing satu saja akan penuh dengan kesulitan seperti yang diakui Davies sendiri. Organisme yang tidak biasa berlimpah, termasuk bakteri pemakan bahan kimia yang tinggal jauh di dalam laut dan organisme yang berkembang dalam air panas mendidih. Tapi, ini tidak berarti mereka merupakan bentuk kehidupan yang berbeda.

Davies menyarankan bahwa satu-satunya cara untuk membuktikan suatu organisme tidak berasal dari kehidupan seperti yang kita kenal adalah jika organisme itu dibuat dari unsur-unsur yang eksotis yang tidak terdapat di Bumi. Organisme semacam itu belum dapat ditemukan. Bruce Jakosky, seorang astrobiologis di University of Colorado di Boulder, mengatakan, pengertian tentang kehidupan asing di bumi adalah ide teoritis yang menarik. Namun, satu yang tidak mungkin yakni kita tidak tahu apa yang kita cari.

Alien ?!

Jakosky menambahkan bahwa, jika ada bentuk kehidupan seperti itu, manusia mungkin akan sedikit takut, seperti perbedaan biokimia mereka akan cenderung untuk mengurangi perlawanan terhadap infeksi atau penyakit. Davies setuju bahwa ide tersebut diperlukan verifikasi. Pasalnya, ia mencatat bahwa kurang dari 1% dari semua bakteri di dunia telah dipelajari secara komprehensif. Ini memungkinan para ilmuwan akan menemukan kejutan satu saat nanti. (AP/OL-04)

(Sumber : Media Indonesia)

3 thoughts on “Alien sudah Ada di Bumi?

    • Aq sendiri jg ragu ttg kebenaran hal tsb, tp memang tidak menutup kemungkinan semua itu adalah realita. Tinggal mencari bukti aja. When ? where ?!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s