Gambar Angkasa Terbaru dari Teleskop WISE

Penulis : Prita Daneswari

PASADENA–MI: Komet yang berkilauan. Kumpulan bintang-bintang. Pemandangan baru dari Galaksi Andromeda. Gugusan galaksi-galaksi.
Itulah beberapa gambar menakjubkan yang berhasil didapatkan oleh Wide-field Infrared Survey Explorer (WISE), teleskop luar angkasa terbaru dari NASA. Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) pun merilis gambar-gambar tersebut pada Rabu (17/2).

Galaksi Andromeda

WISE yang ditujukan untuk memetakan pemandangan di luar angkasa itu berhasil mengambil gambar beberapa target kosmis dua bulan setelah diluncurkan. “Kami mendapatkan banyak gambar menarik yang diambil dari luar angkasa,” kata ketua tim peneliti Edward Wright dari Universitas California, Los Angeles.

NGC3603

Semenjak diluncurkan pada Desember lalu, WISE telah mengirimkan lebih dari 250 ribu gambar. NASA pun mempublikasikan beberapa gambar agar dapat dilihat masyarakat luas.

WISE yang mengorbit sejauh sekitar 523 kilometer di atas Bumi melakukan pemindaian di luar angkasa guna mencari asteroid, komet, galaksi, dan objek lainnya yang sulit dilihat. Salah satu misinya adalah menandai suatu objek yang mungkin dapat membahayakan Bumi.

Tak seperti teleskop optikal, WISE didesain untuk mendeteksi objek yang melepaskan sinyal infra merah atau panas. Proyek senilai US$320 juta ini dilaksanakan di Jet Propulsion Laboratory milik NASA. (Pri/AP/OL-04)

(Sumber : Media Indonesia)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s