Maskot Piala Dunia Dari Tahun ke Tahun

Maskot Piala Dunia Dari Tahun ke Tahun

Maskot Piala Dunia

jagobola LifeStyle – Maskot piala dunia baru diperkenalkan pertama kali tahun 1966 di Inggris. Saat itu, maskot yang diberi nama Willie adalah seekor singa yang juga simbol negara Inggris mengenakan baju dengan motif bendera Inggris bertuliskan WORLD CUP.

Tahun 1970 ketika kejuaraan berlangsung di Mexico, maskot yang digunakan diberi nama Juanito. Juanito adalah seorang anak kecil Meksiko yang mengenakan Sombrero topi khas rakyat Meksiko. Di SOmbrero tersebut terdapat tulisan Mexico 70 untuk melambangkan tahun penyelenggaraan kejuaraan tersebut. Nama Juanito dipilih karena nama tersebut adalah nama umum anak-anak di negara tersebut yang merupakan jajahan Spanyol.

Jerman memperkenalkan logo yang terdiri lebih dari satu obyek tahun 1974. Sepasang anak laki-laki yang diberi nama Tip dan Tap mengenakan seragama timnas Jerman dengan tulisan WM (Weltmeisterschaft alias World Cup dalam bahasa Jerman) serta tulisan tahun 74.

Tahun 1978, Argentina tak mau kalah dengan Jerman. Seorang bocah mengenakan seragam timnas Argentina dan diberi nama Gauchito menjadi maskot kejuaraan piala dunia di negera tersebut tahun 1978. Gauchito mengenakan topi dengan tulisan Argentina 78, dengan syal dan cambuk. Gauchito sendiri diambil dari istilah Gauchos atau koboi yang populer di wilayah Amerika Utara.

Tahun 1982, Spanyol memperkenalkan logo yang bukan binatang atau manusia melainkan sebuah jeruk. Logo bernama Naranjito ini dianggap mewakili buah-buahan khas Spanyol. Naranjito mengenakan seragam timnas Spanyol . Naranjito sendiri diambil dari kata-kata Naranja yang berarti jeruk dalam bahasa spanyol.

Tahun 1986, Meksiko kembali menjadi tuan rumah. Maskot yang digunakan diberinama Pique berwarna dominan kuning hijau. Dalam maskot kali ini, Meksiko ingin menampilkan karakter makanan meksiko yang khas. Pique tetap mengenakan topi khas Meksiko Sombrero.

Tahun 1990, Italia mengenalkan bentuk maskot yang tak lazim yang diberinama Ciao. Ciao sendiri adalah gabungan kotak-kotak tiga warna  merah putih hijau melambangkan bendera Italia. Ciao sendiri adalah salam yang sangat populer dalam bahasa Italia.

Anjing bernama Striker menjadi pilihan logo tahun 1994 ketika Amerika Serikat menjadi tuan rumah. Striker mengenakan kostum sepakbola dengan warna putih, biru dan merah.

Tahun 1998, ketika Perancis menjadi tuan rumah, negara tersebut menggunakan simbol negara tersebut berupa ayam jantan sebagai maskot dengan nama Footix. Akhiran ix didapatkan dari inspirasi komik Asterix yang populer dan merupakan karya salah satu warga Perancis.

Jepang-Korea mengenalkan maskot bertema futuristik tahun 2002 menggambarkan awal milenium baru dalam sepakbola. Tokohnya diberinama Ato yang bertindak sebagai pelatih dan Kaz serta Nik yang menjadi pemainnya.Pemilihan nama ketiga tokoh tersebut berdasarkan polling lewat Internet serta usulan nama yang dimasukkan lewat outlet gerai fast food McDonalds.

Tahun 2006 di Jerman, maskot Singa kembali digunakan.Maskot bernama Goleo VI mengenakan seragam timnas jerman terbaru bersama bola yang dapat berbicara bernama Pille. Goleo sendiri merupakan gabungan dari kata “Goal” dan “Leo” alias Singa

Zakumi dipilih Afrika Selatan sebagai logo piala dunia 2010. Zakumi juga adalah seekor singa tapi singa khas aAFrika yang biasa disebut Leopard. Warna kuning dengan rambut hijau mendominasi maskot Zakumi, sekaligus menggambarkan seragam timnas Afrika Selatan.”ZA” sendiri adalah kode ISO 3166-1 alpha-2 untuk Afrika Selatan, dan “kumi”, adalah kata dengan arti “10” dalam berbagai bahasa Afrika.

Nah, tahun 2014 di Brasil, kira-kira maskotnya apa ya ?

(Sumber : http://www.jagobola.com/ )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s