Telkom Percepat Pemasangan Kabel Optik

Telkom Percepat Pemasangan Kabel Optik

Tribunnews.com – Kamis, 10 Januari 2013 06:43 WIB

telkomlogo

TRIBUNNEWS.COM  BANDUNG, – PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) Tbk. menjalin kerja sama dengan tiga industri besar di bidang komunikasi dan teknologi informasi guna mendukung jaringan komunikasi pita lebar (broadband)

Ketiga industri besar itu adalah dua  lembaga BUMN, yaitu PT Lembaga Elektronik Negara (LEN) dan PT Industri Telekomunikasi Indonesia (INTI) serta satu pihak swasta, yaitu Huawei “kerja sama ini untuk mendukung sekaligus mempercepat proses pergantian kabel, yang semula menggunakan tembaga, menjadi fiber optik. Ini demi mendukung pertumbuhan jaringan komunikasi broadband,” kata General Manager (GM) PT Telkom Indonesia Regional III Jabar, Binuri, di Jalan Laswi Bandung, Rabu (9/1/2013).

Pihak Telkom memproyeksikan, pemasangan dan pergantian kabel fiber optik itu mencapai 435 ribu titik di seluruh wilayah Jabar. Ia berpandangan, percepatan pemanfaatan dan pemakaian fiber optik itu sesuai rencana PT Telkom, yang siap memasang ribuan jaringan WiFi di seluruh daerah di Indonesia. “Pemakaian fiber optik dapat mempercepat akses telekomunikasi. Bahkan, jaringan itu pun membuat satu saluran dapat termanfaatkan secara optimal, tidak hanya telepon rumah (Fix Phone), tetapi juga internet dan televisi,” kata Binuri.

Saat ini di Jabar, pemasangan dan pemaksimalan instalasi jaringan fiber optik, berlangsung lebih ekspansif. Pada tahun 2012 pergantian kabel fiber optik masih terfokus di wilayah Bandung Raya, namun tahun ini, menyebar secara bertahap.

Ketiga perusahaan yang bekerja sama dengan Telkom itu punya peran masing-masing. Hal itu, sesuai bisnis utama mereka.  PT INTI, misalnya, berperan memoderenisasikan jaringan.
Manager Communication PT Telekomunikasi Indonesia Regional III, Jabar Asep Tatang, menambahkan, pihaknya membidik beberapa segmen berkaitan dengan pemasangan jaringan fiber optik. Segmen itu, antara lain, pusat-pusat perbelanjaan, pemerintahan, permukiman-perumahan, pelanggan telepon rumah, dan pelanggan baru lainnya. Asep optimistis dapat menambah 550 ribu pelanggan baru atau 10 persen target nasional.

Menurut Asep Tatang, untuk mendukung pertumbuhan broadband, pihaknya pun menyiapkan rencana jangka menengah dan panjang yaitu  memasang 15 juta homepass (jaringan kabel berkecepatan tinggi yang terhubung hingga ke rumah) hingga 2017 dan 25 juta homepass pada 2025.

Tahun ini pun Telkom mencanangkan proyek pembangunan Fiber To The Home (FTTH). Proyek ini, total cakupannya mencapai 443.575 sambungan.

Pada pertengahan desember 2012, Asep pernah mengatakan bahwa akan mengoperasikan sekitar 1.000 titik WiFi di regional III Jabar, sedangkan di Jabar secara keseluruhan akan dioperasikan 4.000 titik. “Untuk skala nasional, Indonesia WiFi jumlahnya satu juta titik,” kata Asep.

Saat ini  pertumbuhan broadband di Jabar mencapai 10 persen. Melihat kondisi itu, Asep optimistis, pada 2013 pertumbuhan broadband dapat mencapai 20 persen.
Binuri juga mengatakan, pihaknya menargetkan jumlah pelanggan Speedy di Jabar pada 2013 ini mencapai setengah juta sambungan. “Target pelanggan Speedy mencapai 500.000 dari jumlah 230.000 pelanggan pada tahun 2012,” ujarnya.

Tahun lalu, Telkom telah sukses menjalankan proyek upgrade jaringan eksisting menjadi broadband ready. Proyek itu dilakukan agar para pelanggan dapat menikmati fasilitas telekomunikasi triple play  (voice, data, dan video) secara bersamaan dengan kualitas prima.
“Proyek kami nantinya tak hanya sekadar itu. Tapi ke depannya Telkom menargetkan pertumbuhan Speedy Instan Card sebanyak 100 ribu pelanggan,” ujarnya.

Speedy instan card ini merupakan kartu perdana yang berisi username dan password untuk digunakan sebagai login akses internet.(win)

Editor: Budi Prasetyo  |  Sumber: Tribun Jabar

 seratoptik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s