Telkom Lebarkan Bisnis ke Enam Negara

Telkom Lebarkan Bisnis ke Enam Negara
Sabtu, 30 Maret 2013
 telkomlogo

SINGAPURA, KOMPAS – PT Telekomunikasi Indonesia Tbk berencana melebarkan bisnis ke enam negara lainnya di dunia, yakni Makau, Taiwan, Arab Saudi, Korea Selatan, Singapura, dan Malaysia. Selain itu, PT Telkom bekerja sama dengan operator telekomunikasi lokal untuk penggunaan jaringan atau infrastruktur.

”Pada 17 Agustus 2013, kami (PT Telkom) akan memberikan hadiah kepada negara dengan melebarkan sayap ke Makau dan Taiwan. Negara-negara yang lain semoga semua bisa diselesaikan hingga Desember tahun ini,” ungkap Direktur Utama PT Telkom Arief Yahya, Kamis (28/3), yang ditemui wartawan Kompas, Rini Kustiasih, seusai menyampaikan kuliah umum mengenai konsep ”Paradox Marketing” di Nanyang Technological University, Singapura.

Arief mengatakan, strategi bisnis yang dipakai Telkom untuk melebarkan sayap adalah dengan mengikuti alur orang (follow the people) dan mengikuti alur uang (follow the money).

Ia mencontohkan Arab Saudi sebagai target bisnis Telkom selanjutnya sebab banyak orang Indonesia yang berada di sana, baik yang bekerja secara informal maupun formal. Kondisi itu memungkinkan penggunaan data dan telepon ke Indonesia dalam jumlah besar.

Untuk menembus Arab Saudi dan negara-negara lainnya, Arief berencana menggunakan metode Mobile Virtual Network Operator (MVNO). Metode itu sudah dijalankan di Hongkong. ”Kami menyewa jaringan operator lokal di sana sehingga praktis tidak ada investasi apa pun yang harus dibangun Telkom. Telkom hanya membantu pemasarannya. Metode ini berhasil dan akan kami tiru di negara-negara lain, termasuk Makau dan Taiwan,” katanya.

Kepala Komunikasi dan Hubungan Perusahaan PT Telkom Slamet Riyadi mengatakan, karena PT Telkom memakai infrastruktur operator lokal, secara otomatis BUMN ini memakai pelanggan operator lokal, terutama yang menggunakan lalu lintas komunikasi ke Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s