Doa Setelah Sholat Tarawih & Sholat Witir

Mushola005

Doa Setelah Sholat Tarawih

syahadat1

1.    Asyhadu alla ilaha illa Allah

(aku bersaksi bahwa tiada Tuhan yang disembah melainkan Allah).

astaghfirullah

2.   Astaghfirullah (aku mohon ampun kepada Allah)

asalukal

3.      Allahumma inna as alukal jannata wa a’udzubika minan naar 

(Wahai Tuhanku. sesungguhnya aku memohon surga kepadaMu dan aku berlindung kepadaMu dari siksa neraka)

(Nomer : 1,2 dan 3 dibaca ulang  3X dan diikuti oleh jamaah)

afuwwun

4.   Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu anna Yaa Kariim– (dibaca 3x dan diikuti oleh jamaah)
(Ya Allah sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf yang menyukai permintaan maaf, maafkanlah aku Yang Maha Mulia)

5.   Kemudian dilanjutkan bacaan doa yang diamini oleh jamaah (jangan lupa sebelumnya baca sholawat Nabi, misalAllahumma sholi ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad“) doanya sebagai berikut :

doa-tarawih

doaTarawih

Dengan nama Allah, Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang
Ya Allah, jadikanlah kami orang-orang yang sempurna imannya, yang melaksanakan kewajiban-kewajiban terhadap-Mu, yang memelihara shalat, yang mengeluarkan zakat, yang mencari apa yang ada di sisi-Mu, yang mengharapkan ampunan-Mu, yang berpegang pada petunjuk, yang berpaling dari kebatilan, yang zuhud di dunia, yang menyenangi akherat , yang ridha dengan ketentuan, yang ber¬syukur atas nikmat yang diberikan, yang sabar atas segala musibah, yang berada di bawah panji-panji junjungan kami, Nabi Muhammad, pada hari kiamat, sampai kepada telaga (yakni telaga Nabi Muhammad) yang masuk ke dalam surga, yang duduk di atas dipan kemuliaan, yang menikah de¬ngan para bidadari, yang mengenakan berbagai sutra ,yang makan makanan surga, yang minum susu dan madu yang murni dengan gelas, cangkir, dan cawan bersama orang-orang yang Engkau beri nikmat dari para nabi, shiddiqin, syuhada dan orang-orang shalih. Mereka itulah teman yang terbaik. Itulah keutamaan (anugerah) dari Allah, dan cukuplah bahwa Allah Maha Mengetahui. Ya Allah, jadikanlah kami pada malam yang mulia dan diberkahi ini tergolong orang-orang yang bahagia dan diterima amalnya, dan janganlah Engkau jadikan kami tergolong orang-orang yang celaka dan ditolak amalnya, Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam.

————————————–

Doa Setelah Sholat Witir

subhanal

6.    Subhanal malikil qudduus 
(Maha suci Tuhan Yang Merajai lagi Maha Suci)

subbuhun

7.   Subbuhun quddusun rabbunaa wa rabbul malaa-ikati warruuh 

(Maha Suci lagi Quddus Tuhan Kami, Tuhan para Malaikat, dan Malaikat jibril)

(Nomer 6 dan 7 dibaca ulang 3X dan diikuti oleh jamaah)

subhanallah

8.     Subhanallah walhamdu lillah wa laa ilaha illallah wallahu akbar, wa Laa haula wa laa quwwata illa billah. – dibaca 3X dan diikuti oleh jamaah

(Maha Suci Allah, segenap puji bagi Allah, tiada Tuhan melainkan Allah dan Allah adalah Maha Besar.dan Tiada daya dan tiada kekuatan, melainkan dengan pertolongan Allah)

9. Kemudian dilanjutkan dengan membaca  Doa Sholat Witir dan diamini oleh jamaah, (jangan lupa sebelumnya baca sholawat Nabi, misal “Allahumma sholi ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad“) doanya sebagai berikut  :

doawitir

doa-witir-latin

“Wahai Allah! Sesungguhnya kami memohon kepada-Mu iman yang tetap, kami memohon kepada-Mu hati yang khusyu’, kami memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, kami memohon kepada-Mu keyakinan yang benar, kami memohon kepada-Mu amal yang shaleh, kami memohon kepada-Mu agama yang lurus, kami memohon kepada-Mu kebaikan yang banyak, kami memohon kepada-Mu ampunan dan afiat, kami memohon kepada-Mu kesehatan yang sempurna, kami memohon kepada-Mu syukur atas kesehatan, dan kami memohon kepada-Mu terkaya dari semua manusia. Wahai Allah, Tuhan kami! Terimalah dari kami shalat kami, puasa kami, shalat malam kami, kekhusyu’an kami, kerendahan hati kami, ibadah kami, Sempurnakanlah kelalaian (kekurangan) kami, wahai Allah, wahai Allah, wahai Allah, wahai Zat Yang Paling Penyayang di antara para penyayang, Semoga rahmat Allah tercurahkan kepada sebaik-baik makhluk-Nya, Muhammad, keluarga dan sahabatnya semua, dan segala puji milik Allah, Tuhan semesta alam”

 Mushola004

102 thoughts on “Doa Setelah Sholat Tarawih & Sholat Witir

  1. Saya ucapkan terima kasih kepada tuan blog yg memuat tuntunan sholat dlm hal ini khususnya solat tarawin semoga amal saudara dilipat gandakan oleh allah SWT

  2. alangkah baiknya jika doa-doa yang anda sebutkan ini disertai dengan rujukannya agar lebih bisa dipertanggungjawabkan,terlebih jika doa-doa ini memang bersumber dari hadits-hadits nabi,

    • Benar sekali,doa2 ini yg banyak dilakukan ditengah2 masyarakat kita..tetapi ga tau rujukan hadist yg shahihnya..ini berbahaya,lebih2 dilakukan secara berjamaah..setahu ana ini tdk dianjurkan bahkan dilarang-….. Wallau ‘alam

      • Tolong tunjukan hadistnya kalo dilakukan berjamaah tidak dianjukan bahkan dilarang. Berdoa itu bahkan dianjukan. Dan berdoa dengan bahasa Indonesiapun juga diperbolehkan atau bahasa daerah misalnya. Tidak ada larangan untuk itu. Allah Maha Mengetahui., apapun bahasa yang anda pakai. Yang sy sajikan di blog memang sy ambil dalam praktek sholat Tarawih dan Witir berjamaah di masyarakat.

        Terdapat banyak ayat Al-Qur’an atau hadits Nabi SAW yang menganjurkan umat Islam untuk selalu berdoa dan memohon kepada-Nya. Di antaranya disebutkan dalam Al-Quran: “Dan Tuhanmu berfirman, “Berdoalah kamu kepada-Ku niscaya akan Aku kabulkan untukmu.” (QS. Ghafir 60)

        Dalam ayat yang lain Allah SWT menyatakan:“Wahai Muhammad jika hambaku bertanya kepadamu tentang Aku, maka jawablah bahwa Aku sangat dekat. Aku akan menjawab permohonan mereka apabila mereka berdoa kepada-Ku.” (QS. Al-Baqarah 186)

        Dua ayat ini memerintahkan umat Islam untuk berdoa kepada Allah SWT. juga terdapat janji Allah SWT untuk mengabulkan setiap doa yang dipanjatkan kepada-Nya. Hanya saja cara Allah SWT mengabulkan doa hambanya berbeda-beda. Ada yang permohonannya langsung dikabulkan di dunia, ada pula yang akan terwujud di akhirat. Sebagaimana sabda Nabi SAW:

        “Dari Abi Hurairah RA, Nabi Muhammad SAW bersabda, “Setiap orang yang berdoa kepada Allah SWT pasti akan dikabulkan-Nya. Adakalanya permohonan itu langsung dibalas di dunia, adakala diberikan kelak di akhirat dan kadang kala dosanya diampuni sesuai dengan doa yang ia panjatkan. (Yang demikian) selama itu tidak berdoa dengan perbuatan dosa, memutus silaturahmi, atau tergesa-gesa ingin dikabulkan seraya berkata, “Saya telah berdoa kepada Tuhanku tapi Ia tidak mengabulkan permintaanku.” (HR. Tirmidzi)

        Kalau melihat ayat al-Quran dan hadits Nabi SAW yang menganjurkan untuk berdoa, itu artinya bahwa doa yang dipanjatkan bukan perbuatan sia-sia, tetapi memiliki manfaat yang sangat besar. asal dilakukan dengan tulus ikhlas dan penuh kerendahan hati, Allah SWT pasti akan menjawab semua doa hamba-Nya. Tentu sangat mustahil jika Allah SWT dan Rasul-Nya memerintahkan sesuatu yang tidak ada gunanya. / @dion_erbe

    • Pelajaran antum baru sebatas “mana dalilnya” “shohih ga haditsnya” “itu bid`ah”
      saran saya belajar lagi secara komprehensif, dan jangan cuma dari satu sumber.
      dan terkahir jangan belajar sendiri dari buku, belajar harus ada/kepada Guru/Ustadz. Syukron Katsir..

      • jangan bicara Bid’ah dulu sobat…….boleh kasih masukan tp yang pantas selain kata Bid’ah….

    • klo kita do’a pake bahasa kita apa harus bersumber pada hadits
      allah maha mendengar, kita berdo’a dg bahasa apapun diperbolehkan , memang ada do’a yg lebih afdhol yg sesuai dg hadist dan al qur’an
      coba ente buat do’a sebagus diatas bisa ndak ?
      allah menghendaki yg mudah dan tidak menghendaki yg sulit
      jadi hal seperti ini jangan diperdebatkan trimakasih

      • Inilah kelemahan orang Islam, terlalu permasalahkan perbedaan, sementara orang lain sudah jauh mencapai sukses, namun kita masih saja berdebat tentang perbedaan yang tidak jarang menyebabkan perpecahan satu sama lainnya padahal Allah menyatakan sesama Muslim bersaudara, bagi saya jika saudara saudara sekalian masih meyakini tuhan kita Allah, Nabi kita Muhammad SAW, kitab kita Alquran sholat kita 5 waktu, maka itu sudah cukup untuk menyatukan, dan mengenai perbedaan diatas saya yakin masing masing punya dalil yang cukup untuk mempertahankan keyakinan nya jadi berjalan lah seperti biasa, jangan menyatakan yang satu bid’ah, yang satu begini , yang satu begitu, maka tidak ada habisnya, yang terpenting jka kita merasa yakin dengan apa yang sudah kita lakukan, maka lakukanlah dan menurut saya belajar memahami dari pemikiran orang, karena Allah dan rasulnya sudah menyatakan , jika kami berbeda pendapat kembalilah kepada Alquran dan Sunah ku yaitu Al Hadist,.. maka itu belajarlah dan jangan sekali kali punya niat bahwa anda bukan saudara se iman ku. Wasalam

        Priyatna 0819-0505-4137

      • Hehehe…mantaf…bro…siip…setuju

        [-delete-red]

        Buat Agan yang memposting terima kasih…semoga menjadi ladang amal…Amin…Amin…Amin…YRA

        [-delete-red]

  3. Alhamdullilah,,, pencerahan ini memang perlu disampaikan kesdr2 kita yang lain (….. Sdr Berkata, antum memang luar biasa….), untuk sdr alirdausy dan sdr Zain,, mari kita sesama muslim untuk persatukan aqidah keislaman kita dengan tidak menyalahkan ke saudara kita yang lain… Boleh kita berbeda pendapat, tapi jangan salah,, bukan kita yang paling benar,, soalnya kebenran hanya milik Allah semata,,,,,
    Saudaraku …Yang sudah jelas salah adalah berdoa pada berhala…

  4. terima kasih atas dimuatnya do’a ini. do’a ini diamalkan bagi ahlu sunnah wal jamaa’ah dan melihat artinya saja sudah bagus dan indah permohonan seorang hamba kepada Alloh Swt. bagi temen temen yang sedikit-dikit dalil dan tidak mau mengunakan do’a tersebut sebaiknya tidak usah di perdebatkan, apabila masih anda perdebatkan, berarti anda masih harus banyak belajar

    jazakumullah….

  5. Assalamulaiakum.warahmatullah.hiwabarakatuh, mhon info semisal sudah sholat isha kemudian akan taraweh imam membawa satu kalimat dan dijawab oleh jamaah, ini berlanjut dalam tiap selesai salam lalu menginjak sholatr taraweh dan witir lagi …. mohon info doanya tersebut ??? sebelumnya terimakasih ….. wassalamualaikum.warahmatullah.hiwabarakatuh.

    • Walaikumsalam wr wb.
      Mungkin yg dimaksud kalimat ini ya
      “Shollu Sunatan tarawihi rak’ataini jami’ arrahimakumullah”
      .”Shollu sunatan minal witri rak’ataini jami’arrahimakumullah”

  6. Hendaknya kita berilmu sebelum beramal…
    Ibadah pada dasarnya adalah haram dan batal. Hukum haram dapat berubah menjadi wajib, atau sunnah apabila ada perintah dari Allah dan Rasul-Nya. Apabila tidak ada perintah dari Allah dan Rasul-Nya atau apabila tidak ada dalil yang menyuruh (perintah) melakukannya, ia kembali kepada hukum asal HARAM.
    Hukum asal ibadah adalah tauqif dan ittiba’ ( bersumber pada ketetapan Allah dan mengikuti Rasul)
    dalilnya : “Barang siapa yang membuat suatu amalan dalam agama kita ini yang tidak ada tuntunannya (contohnya), maka amalan tersebut tertolak”. (HR. Bukhori no. 2679. HR. Muslim no. 1718).
    Jangan karena kita telah terbiasa melakukan suatu ibadah lalu mencari2 dalil sebagai pembenaran ibadah tersebut. Pola pemikiran tersebut perlu dirubah dengan kita mengetahui dalil / hukum suatu ibadah baru kita mengamalkannya. Wallahu A’lam Bishawab

  7. Assalamualaikum….
    sy sholat witir 3 rakaat sblm ttidur kemudian terbangun sholat tahajjjud 2 rakaat + 2 rakaat lg
    apa yg sy lakukan ini benar??
    atau witirny d lakukan setelah tahajjud saja??
    mohon bantuan dr saudara2 seiman agar sy lbh mantap

    • Walaikumsalam.. sholat Witir sebelum tidur itu ada anjurannya. Bahkan Rasulullah SAW mewasiatkan kepada para sahabatnya seperti Abu Hurairah, Abu Darda’ dan selainnya. Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu, ia berkata:
      أَوْصَانِي خَلِيلِي صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِصَوْمِ ثَلَاثَةِ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ وَبِالْوِتْرِ قَبْلَ النَّوْمِ وَبِصَلَاةِ الضُّحَى فَإِنَّهَا صَلَاةُ الْأَوَّابِينَ

      “Kekasihku Shallallahu ‘Alaihi Wasallam mewasiatkan kepadaku untuk berpuasa tiga hari dari setiap bulan, shalat witir sebelum tidur, dan dari shalat Dhuha, maka sungguh itu adalah shalatnya awwabin (shalatnya orang-orang yang banyak taat kepada Allah).” (HR. Ahmad dan Ibnu Huzaimah. Syaikh al-Albani menshahihkannya dalam Shahih al-Targhib wa al-Tarhib).
      Anjuran mengawalkan witir sebelum tidur ini ditekankan kepada siapa yang tidak yakin akan terbangun di akhir malam. Ini lebih utama untuk dirinya. Dan ini tentunya akan lebih memberikan jaminan tidak meninggalkan shalat witir.
      Atau jika Sdri. Ayu terbangun di pertengahan atau akhir malam hendaknya tetap shalat Tahajjud. Tentang sholat Witir, sebagian ulama berpendapat bhw sholat witir sekali saja di satu malam, “Tidak ada dua witir dalam satu malam.” (HR. Ahmad, Abu Dawud, Al-Tirmidzi, dan Al-Nasai).

    • Lazimnya sholat witir itu dilakukan pada akhir setelah sholat yg lainya, karena setelah witir tdk ada lagi sholat sampai menjelang waktu subuh

  8. doanya sangat bagus sekali, tapi gimana ya, saya ini masih ada dalam bilik hati ini
    kalau membaca doa yg panjang fasih masih ada sedikit tu … doa saya siip kan apa masih riya’ kah ini ,, apa saya harus menata niat lagi

  9. untuk para pembuat huru hara, sibuk bid’ah sana, bid’ah sini….
    justru antum antum yang banyak MENINGGALKAN sunah rasul itu lah yang MERUPAKAN ahli BID’AH tulen

  10. Saya yakin do’a yang dibuat ini merupakan yang telah dibenarkan para alimil-ulama, mengapa harus diragukan lagi kebenarannya ? Para alimil-ulama ahli sunah wal jama’ah itu orang yang mempelajari kitab-kitab agama Islam. Do’a yang shahib muat selalu digunakan dalam shalat tarawih dan shalat witir di tempat saya. Semoga amaliah shahib mendapat keberkahan dari Allah SWT. Amin….

  11. ilmu Islam itu luas melebihi dalamnya lautan dan dunia,jadi banyak2 lah kalian cari ilmu dan kenali dulu siapa dirimu baru kau akan mengetahui siapa T U H A N MU …….!

  12. Asslamkm….
    semoga bermanfaat untuk umat islam semua yang lagi cari doa tarowih dan bisa mengamalkanya dengaan maksimal amiin.

  13. Untuk ibadah mahdoh seperti sholat pakai dalil صلوا كما رأيتموني اصلي harus mencontoh persis seperti yang dialukan Rosulullah SAW, sedangkan untuk ibadah seperti doa boleh mengambil dari Al Quran boleh mengambil dari Hadits boleh juga membuat sendiri dengan bahasa apapun jua in syaa Allah didengar dan dikabulkan Allah. وإذا سالك عبادي عني فاني قريب أجيب دعوة الداعي اذا دعاني . Silakan pakai dalil Al Quran dan dalil Hadits dan sesuaikan dengan maksudnya secara tepat, tidak bisa dipakai hanya untuk menghujat golongan lain dan membenarkan golongan sendiri. Jagalah kerukunan umat Islam dengan mengemukakan pendapat secara santun, tidak mudah mengharamkan dan membedah kan sebelum dialog dengan ahlinya. In syaa Allah Ulama kita sudah khotam baca Al Quran sudah khotam baca Hadits. Semua yang beliau-beliau ajarkan sudah sesuai dengan ajaran Al Quran dan As Sunnah dan sudah melalui kajian yang mendalam. Wallahu alam bishowab.

  14. TRIMAKASIH ATAS DIMUATNYA DO’A-DO’A DIATAS, IZINKAN SAYA MENYIMPAN DAN PRIN OUT. SEMOGA MENJADI AMAL ANDA YANG MELIMPAH.

  15. trims atas doa tulisan arab beserta latin dan terjemahan ke bahasa indonesia kalau ada yang begini ana tidak usah susah susah menulis manual apalagi ana tak pandai nulis arab sekali lagi terima kasih mudah2an Allah SWT membalasnya

  16. Kalau aku meminta (do’a) pd Allah “Wahai Allah jadikanlah DIA menjadi istriku” misalnya apakah haram ya ? aku khawatir kalau itu tdk ada dicontohkan oleh nabi.

    • Boleh saja. Tapi alangkah baiknya kalo diubah redaksinya. Misalnya “Yaa Allah jika dia baik bagiku di dunia dan akhirat, jadiakanlah dia pasangan hidupku di dunia dan akhirat“. atau semakna dengannya.
      Atau yg lebih pas menurut sy coba doa ini yg sekaligus memohon keturunan yg baik. “Robbana hablana min azwajina wa dzurriyatina qurrota a’yun waj’alna lil muttaqiina imaama (QS Al Furqan 74)
      Semoga Allah mengaruniakan kita keturunan yang shalih-shalihah yang akan menjadi penerus kebajikan, pewaris sunnah Rasulullah, dan menggolongkan kita semua ke dalam umat Rasulullah yang mendapatkan pertolongan Allah baik di dunia dan akhirat. Aamiin Ya Robbal’alamiin.

  17. Termakasih
    Telah menolong saya tuk berdoa saat saya tidak sempat sholat tarawih dimesjid
    Smg mendapatkan barokahnya, Amin.

    • Untuk sendiri perbanyak bacaan ini untuk menjaring Lailatul Qadar : ‘Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu anni’ (Ya Allah sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf yang menyukai permintaan maaf, maafkanlah aku).

  18. Terima kasih do’anya, izin copy. Do’a yang diajarkan para ulama.

    Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

    الْعُلُمَاءُ وَرَثَةُ اْلأَنْبِيَاءِ

    “Ulama adalah pewaris para nabi.” (HR At-Tirmidzi dari Abu Ad-Darda radhiallahu ‘anhu), Para ulama semakin langka, dan semakin banyaknya orang bodoh yang merasa dirinya pintar.
    .

  19. Terima kasih untuk doanya yang bagus. Mudah2an pahalanya mengalir terus

    {-delete-red]

    Orang2 Mukmin itu ikut Nabi, Ahlil Baitnya, para Imam, Tabiit dan Tabien dan ulama sampai ke kita sekarang. Inilah yang diwariskan dari para guru2 dan ulama kita. Jadi kita jaga dan pelihara. Yang tanya2 dalil apa sudah buka Alquran dan semua kitab2 hadist. Kok nyuruh orang nyari. Cari aja sendiri. hehehe

  20. Asswrwb.. Terimakasih atas panduan doanya.. Sgt bermanfaat.. Komentar sedikit mengenai background gambarnya yg Ada lafazh Alloh Dan gbr lilin api.. Kl sy perhatikan dilafazh Allohnya yg kecil kok seperti salib ya? Tks. Afwan jika tdk berkenan.

  21. sungguh heran orang2 yg suka menggunjing ibadah orang lain,apa tidak sadar “sesungguhnya orang yg menjelek-jelekan orang lain hakekatnya sedang menjelekan dirinya sendiri?” dan ingatlah ” KHASIBUU AMFUSAKUM QOBLA ANTUKHAASABU” Timbang-timbanglah amalan sendiri sebelum amalmu ditimbang Sang Khaliq”
    Belum tentu orang yang dijelekanmu lebih jelek darimu, belum tentu orang yang disalahkanmu lebih salah darimu, belum tentu orang yang disuruhmu belajar lebih bodoh darimu. Mari berpacu fastabikhul khoerot bersama-sama. Amin ya robbal alamin.

  22. terima kasih atas postingannya…..mohon izin di cetak dan disampaikn kepada orang lain…semoga amal ibdah kita diterima Allah SWT…amin

  23. Sungguh sombong orang-orang yang tidak mau memohon dan berdo’a kepada Allah..
    Padahal perintahnya sudah jelas didalam Alquran..
    Kalau memang mereka Islam Alquran lah yg mestinya menjadi rujukannya.

    terimakasih doa nya sangat membantu ..

  24. Yg mau pakai monggo dipakai,yg gak mau pakai silahkan minggir,dr jaman dulu golongan orang 2 ini selalu aja menjelekkan kelompok lain,yg bid ah lah, ga ada tuntunannya lah ,belajar agama lah yg banyak jangan satu sumber golongan aja biar otak lo semua pada kebuka,admin thanks ya do anya,ijin mempelajarinya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s