Begini Canggihnya Hidup Manusia di Masa Depan

 

Fino Yurio Kristo – detikinet

Seperti apa kehidupan manusia di masa depan? Dengan kecanggihan teknologi yang semakin berkembang, pastinya jauh berbeda dari masa sekarang.

Semua aktivitas diperkirakan bisa dilakukan secara otomatis dengan bantuan teknologi. Bahkan mobil pun bisa berjalan sendiri tanpa perlu pengemudi manusia.

The New Digital Age, buku yang ditulis Eric Schmidt, chairman dan mantan CEO Google, antara lain memproyeksi seperti apa kehidupan manusia di tahun 2033. Berikut inti sarinya yang ditambah informasi lain dari berbagai sumber.

1. Bangun Pagi

Bangun pagi

Tidak ada lagi alarm berbunyi begitu keras yang membangunkan Anda. Anda akan tergugah dengan sendirinya berkat semerbak aroma kopi yang dibuat otomatis, cahaya yang masuk ruangan saat jendela terbuka sendiri dan pijatan ke tubuh dari tempat tidur high tech.

Anda akan terbangun dengan nyaman karena di kasur, ada sensor yang memonitor ritme tidur. Anda akan dibangunkan secara tepat dalam kondisi paling segar.

Kemudian cukup dengan melambaikan tangan atau perintah suara, Anda bisa mengendalikan temperatur udara, kelembapan, suara musik sampai pencahayaan ruangan.

Anda bisa membaca berita terbaru melalui layar hologram, sembari pakaian Anda disiapkan secara otomatis dari dalam lemari. Anda bisa mengakses layar hologram itu di berbagai tempat, bahkan di dapur.

Sarapan berupa kopi dan kue dimasak sempurna dalam sebuah oven canggih. Sembari menikmati sarapan, Anda bisa memprogram tugas rumah hari itu yang akan dikerjakan robot pembantu, seperti membersihkan lantai.

 

2. Gadget Canggih

gadget

Semua data penting Anda tersimpan dalam cloud dengan kapasitas penyimpanan yang hampir tak terbatas dan bisa diakses dari perangkat mana saja.

Anda memiliki sedikit gadget saja, satu berukuran seperti tablet, satu berukuran lebih kecil dan satu lagi berlayar fleksibel dan bisa dipakai. Semuanya berbobot ringan dan beroperasi sangat cepat dengan prosesor sangat powerful.

Dalam perangkat mobile Anda, ada semacam microchip kecil yang bisa men-scan tubuh seperti sinar x ray. Cukup dengan membuka aplikasinya.

Ia bisa memberitahu kondisi tubuh Anda, misalnya tingkat keparahan gigi yang berlubang. Kemudian, perangkat itu akan mengusulkan Anda untuk pergi ke dokter.

3. Mobil Otomatis

MobilOtomatis

Pengembangan mobil yang bisa berjalan otomatis sudah dalam taraf maju dan digunakan secara massal. Anda bisa menulis rute yang diinginkan ke tempat yang Anda inginkan, dan mobil itu akan berjalan sendiri.

Di mobil, perangkat Anda mengingatkan bahwa Anda perlu membelikan kado ulang tahun bagi keponakan. Perangkat itu menyajikan beberapa saran mengenai barang yang cocok baginya.

Anda memilih membeli sebuah robot anjing. Sebab sang ponakan tampaknya menyukai binatang peliharaan itu. Anda membeli secara online, kemudian dikirim ke alamat sang keponakan.

Sebelum pergi, Anda menginginkan minum kopi lagi. Namun perangkat sensor yang berada di sepatu tiba tiba bergerak, mengingatkan bahwa Anda mungkin terlambat menghadiri rapat jika tidak segera pergi.

 

4. Profil Online Diregulasi Pemerintah

Profil_OL

Di masa depan, banyak aktivitas dilakukan secara virtual dengan beragam kecanggihannya. Sehingga identitas online dianggap sangat penting.

Sebagian pemerintah mungkin merasa teralu berisiko jika ada banyak akun identitas anonim. Jadi kemungkinan semua aktivitas online Anda akan diatur pemerintah.

Semua akun Anda, baik di Facebook, Twiter atau Skype (jika semuanya masih eksis) akan diverifikasi dan dihubungkan dengan akun resmi yang sudah disetujui oleh regulator.

Sistem informasi sendiri sudah sangat canggih dan terintegrasi. Misalnya ketika Anda membutuhkan pertolongan tentang sebuah topik, Anda akan langsung dihubungkan dengan pakar topik tersebut secara otomatis.

5. Robot di Mana-mana

Robot

Peran robot akan semakin penting dalam kehidupan manusia sehari-hari. Robot akan membantu dokter, pekerjaan rumah tangga dan merawat para lansia.

Sistem robotika yang semakin canggih memungkinkan mereka mengantar obat-obatan, koran atau air pada para lansia di rumah.

Robot akan diproduksi massal di negara seperti India atau China. Harganya pun beragam, tergantung spesifikasi dan kemampuannya.

Di samping itu, makin banyak drone atau pesawat kecil yang terbang otomatis di udara, kemungkinan digunakan pemerintah untuk mengawasi keamanan penduduk. Regulasinya pun akan semakin ketat.

Sumber : http://inet.detik.com/read/2013/04/23/142710/2228149/398/1/begini-canggihnya-hidup-manusia-di-masa-depan

2 thoughts on “Begini Canggihnya Hidup Manusia di Masa Depan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s