Router Jadul Linksys Lahir Kembali

Penulis: Reska K. Nistanto


Linksys WRT1900AC

 

KOMPAS.com – Masih ingat dengan bentuk router populer di awal tahun 2000-an? Router wireless warna biru-hitam keluaran Linksys seri WRT54G sangat populer semenjak dipasarkan pada Desember 2002, dan mudah ditemui di mana-mana.

Kini, setahun setelah divisi home networking Linksys dibeli oleh Belkin, router tersebut seperti dilahirkan kembali. Belkin membeli desain router dengan penjualan terlaris tersebut dan menanamkan teknologi wireless terbaru di dalamnya.

Situs Ars Technica mengabarkan Belkin memajang router tersebut di ajang CES 2014 (6/1/2014). Router tersebut direncanakan mulai dijual pada akhir kuartal pertama 2014 dengan banderol harga 299 dollar AS.

Model yang diberi nama Linksys WRT1900AC ini memiliki update terbaru sehingga router “jadul” ini bakal memiliki standar Wi-Fi 802.11ac. Selain itu, Belkin juga mengatakan bakal menyertakan hardware bertenaga seperti prosesor dual-core 1,2 GHz, empat antenaremovable, dan port eSata dan USB 2.0/3.0.

Terdapat juga port gigabit LAN sebanyak empat buah. Throughput maksimum yang bisa dikeluarkan oleh WRT1900AC diklaim hingga 1,3 Gbps dalam jaringan 5 GHz, dan 600 Mbps dalam jaringan 2,4 GHz.

Linksys juga menyiapkan SDK dan API bagi pengembang pihak ketiga. Rencananya, firmware OpenWRT yang dimiliki bisa dikustomisasi dan bisa didownload manakala router ini sudah banyak digunakan.

WRT1900AC juga menjadi router pertama Linksys yang memiliki fitur Network Map. Fitur ini didesain untuk mempermudah dalam mengatur setting masing-masing perangkat yang terhubung dengan jaringan.

“Linksys WRT1900AC akan menjadi router yang terbaik dan terkuat di kelasnya, kami ingin mewujudkan router impian prosumer,” ujar Mike Chen, Vice President Linksys.

Sumber: ARS Technica
Editor: Wicak Hidayat

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s