Telegram Messenger, Pendatang Baru Pesaing WhatsApp

Telegram

Aplikasi messenger telah mengalami perkembangan dengan berbagai ragam variasi. Kalau sebelumnya kita mengenal MSN Messenger, Yahoo Messenger (YM), Gtalk. Dewasa ini telah menjadi tren d di pasaran, seperti BBM, KakaoTalk, WeChat, LINE, WhatsApp,. Ada pendatang yang meski tergolong masih baru dalam soal aplikasi messenger, dikabarkan aplikasi ini telah dapat menyaingi Whatsapp, yaitu Telegram. Dilihat sepintas Telegram seperti sebuah aplikasi hasil gabungan antara LINE dengan WhatsApp. Tampilan layaknya LINE namun cepat seperti WhatsApp. Telegram Messenger dirilis resmi pada versi android pada tanggal 20 oktober 2013 lalu dan versi iOS pada tanggal 14 agustus 2013.

Telegram Messenger hadir dengan sebuah fitur menarik berupa enkrisi pesan. Dengan fitur tersebut, bisa berkirim pesan dengan safe tanpa perlu takut terjadinya kebocoran..
Ada beberapa perbedaan yang menarik dari Telegram Messenger dibandingkan Whatsapp adalah fitur security chat nya yang dikatakan lebih secure. Telegram dapat membuat group chat hingga maksimum 200 orang! sementara whatsapp kalau tidak salah hanya 50 orang. Telegram juga dikatakan mampu melakukan transfer file hingga berukuran 1 Giga.

Fitur pesan yang terenkripsi ini bisa dimanfaatkan dengan memilih menu Secret Chat, yang tersedia di dalam opsi New Messages (ipojok kanan atas). Jika sudah dipilih,  kita bias menentukan dengan siapa ingin ngobrol, setelah itu, tunggu hingga dia online. Kita juga bisa mengaktifkan Secret Chat langsung dari dalam ruang pembicaraan.

 Newsecretchat

Fitur pembunuh lainnya yang juga ada di Telegram adalah self destruct. Dengan fitur ini, pesan yang kita kirimkan di dalam Secret Chat bisa hancur dengan sendirinya, setelah melewati batas waktu yang kita tentukan. Katakanlah kita memasang waktu 5 menit, maka tiap lewat 5 menit, pesan akan terhapus. Pastikan kita berada di dalam Secret Chat untuk mengaktifkan fitur ini, dan jika sudah, tap foto yeman lalu pilih Self-Destruct Timer. Tentukan berapa lama yang kita inginkan hingga pesan itu hancur, apakah 2 detik, 5 detik, 1 menit atau 1 minggu? Up to you, pilih yang sesuai dengan kebutuhan.

Di tempat yang sama buat mengatur Self-Destruct Timer kamu juga bakal menemukan kunci enkripsi (encryption key) yang berfungsi mengkonfirmasi keamanan pesan.

telegram1

Telegram Messenger memang layak di coba karena adanya fitur enkripsi di dalamnya, kita bisa berkirim pesan dengan aman tanpa perlu takut mengalami kebocoran pesan atau dimata-matai. Seperti yang kita tahu, dulu sempat heboh perihal ketidakamanan WhatsApp, yang membuat pesan para penggunanya bisa diketahui oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.
Selain karena adanya fitur enkripsi, Telegram Messenger hadir sebagai aplikasi gratis. Ia juga tersedia buat platform Android, membuat hubunganmu dengan teman-teman yang tidak menggunakan perangkat iOS bisa berjalan lancar.

Sementara ini aplikasi Telegram Messenger hanya tersedia untuk Android (2.2 keatas) dan iPhone (iOS 5 keatas ).  Aplikasi ini belum support untuk OS Blackberry dan Windows phone. Seperti WhatsApp, aplikasi ini tidak berbayar.

telegram whatsapp

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s